Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) kembali akan menggelar
kegiatan Lelang Kopi yang akan berlangsung di kota Surabaya, tanggal
12-14 Oktober 2012. Kepada seluruh peserta yang berniat mengikuti
kegiatan ini diharapkan untuk mengirimkan contoh kopi Arabika maupun
Robusta kepada pihak panitia dengan menyertakan informasi selengkapnya
seperti :
- Asal daerah kopi
- Ketinggian
- Jenis pengolahan
- Tahun panen
Menurut panitia penyelenggara, sampel yang akan diikutsertakan pada
Lelang Kopi minimal meraih nilai “83 poin” pada saat seleksi atau grading.
Kegiatan terbuka untuk umum. Penjelasan selanjutnya bisa menghubungi
pihak AKSI di nomor telepon (021) 7511941 atau Resi : 0813 95251300.
Nah, ini catatan saya untuk kegiatan yang sangat penting ini dan
diharapkan dapat diikuti oleh banyak peserta termasuk para petani. Kopi
Indonesia memang sudah terkenal di dunia, tapi tetap harus terus di
“branding” atau dipoles citranya secara terus menerus. Saya sepenuhnya
percaya bahwa acara seperti Lelang Kopi bisa dijadikan sebuah public relations
yang ampuh, bukan untuk Amerika atau Eropa yang sudah tak asing dengan
seluk beluk pembelian kopi di kita, tapi untuk potensi sebuah negara
yang penduduknya 1 milyar lebih, ya Cina. Kemakmuran ekonomi membawa
perubahan gaya hidup generasi mudanya, dan kopi adalah salah satu label
atau identitas sosial yang sedang hype. Itu baru Cina, belum lagi negara Rusia serta negara-negara Timur Tengah, lahan pemasaran kopi kita yang harus digarap.
Kopi Spesial Indonesia akan tetap spesial, selain kualitas yang harus
tetap terjaga, tapi yang lebih penting adalah upaya pembentukan citra
yang positif terus dilakukan. Eksposure media internasional untuk
kegiatan sebesar ini perlu dilakukan supaya pasar tahu bahwa cupping test
untuk mencapai nilai lebih dari 83 bukan hal yang sulit dirail oleh
banyak varian kopi di Indonesia, dan biasanya selalu ada kopi yang
sangat cemerlang saat acara Lelang.
Sudah biasa jika pembeli besar dari negera tertentu akan melindungi
sumber pembelian bahan bakunya dengan sekuat tenaga, tapi asal harganya
sesuai, praktek tersebut sah-sah saja. Tapi yang jadi masalah bila
mereka mendiktekan harga semena-mena di bawah pasar premium karena
membeli dalam jumlah yang sangat besar, semoga saya salah untuk hal
ini.
Akhirnya. saya cuma ingin mengatakan, branding and packaging, will make a big difference !
* * *
Dear,Import Dept,
BalasHapusDengan Hormat,
Perkenankan kami PT. INTI PRAKARSA LOGISTIK adalah perusahaan Jasa Import Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.
Bersama ini kami PT. INTI PRAKARSA LOGISTIK berminat untuk bermitra dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam bidang Jasa sebagai berikut :
1. Under name Import
2. Borongan Import
3. Custom Clearance
4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh dunia
5. By Air or Sea (Local and International)
6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous, Cargo atau Personal
7. Jasa EDI/PPJK
HS CODE JENIS BARANG
Bag VI (HS NO. 2801 s/d 3826) KIMIA
Bag VII (HS NO. 3901 s/d 4017) PLASTIK
Bag VIII (HS NO. 4101 s/d 4304) KULIT
Bag X (HS NO. 4701 s/d 4911) KERTAS
Bag XII (HS NO. 6401 s/d 6704)ALAS KAKI
Bag XIII (HS NO. 6801 s/d 7020) KACA
Bag XV (HS NO. 7201 s/d 8311) BESI BAJA
Bag XVI (HS NO. 8401 s/d 8548) MESIN
Bag XVII (HS NO. 8601 s/d 8908) KENDERAAN AIR
Bag XVIII(HS NO. 9001 s/d 9209) INSTRUMEN
Bag XX (HS NO. 9401 s/d 9619) BARANG HASIL PABRIK
Best regards,
ANDIKA
Sea & Air
Import
INTI Kargo / Jln. Dewi Sartika No. 148, Jakarta 13630 Indonesia
Email : andika.intikargo@gmail.com
T : 021 80878873
F : 622180878381
Hp : 082311424631,089616672822