Syafrudin sangat berharap bahwa acara Lelang Kopi yang akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober di Surabaya bisa meningkatkan kualitas pengolahan (pra/pasca panen) khususnya di kalangan para petani. Sedangkan kopi spesial Indonesia yang lebih masyhur di luar negeri sudah saatnya diserap sebanyak mungkin untuk kebutuhan di dalam negeri hingga ke tingkat retail/cafe. Demikian salah satu benang merah yang ditangkap pada acara konpresi pers Lelang Kopi 2012 yang diadakan di Anomali Coffee, Setiabudi One, Jakarta, Minggu siang tadi.
Syafrudin juga menyatakan bahwa sampai saat ini panitia sudah menerima 62 sampel dari 33 peserta Lelang yang telah dilakukan proses seleksi termasuk pengujian cita rasa. Sebanyak 600 hingga 1.8 ton kopi spesial akan dilelang pada acara tersebut termasuk kopi jenis luwak yang dibatasi hanya 10-15 kg per lot. Acara konferensi pers dihadiri juga oleh Leman Pahlevi (51) ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia yang baru saya menduduki jabatannya dan turut memberikan keterangan kepada rekan media.
Pada tanggal 13 Oktober, sebanyak 12 juri internasional dari berbagai negara termasuk Amerika, Australia, Taiwan, Korea, Meksiko, dan 2 juri dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kopi dan kakao Indonesia (ICCRI) akan hadir untuk menentukan nilai akhir setiap kopi dari para peserta lelang. Keesekoan harinya barulah para pembeli bisa mengajukan penawaran dalam sebuah lelang dengan sistem Open Cry, atau lelang sistem terbuka.
Para rekan dari media juga diberi kesempatan untuk mencicipi tiga jenis kopi arabika yang mendapatkan skor tertinggi pada seleksi awal dari wilayah Toraja, Papua, dan Flores.
Lelang Kopi sebagaimana yang pernah saya ulas adalah kegiatan penting untuk lebih meng-ekspos kopi Indonesia di dunia internasional. Penghargaan dengan peroleh nilai tinggi seperti pada acara Lelang di Bali yang dimenangkan oleh kopi dari Atu Lintang dengan harga 10 US$ per kilogram atau 40% lebih tinggi dari penutupan harga di bursa komoditas NY.
Pencapaian harga tinggi tentu memberikan konsekuensi yang positif terhadap para petani yang akan meningkatkan pendapatannya. Di sisi lain, konsumen juga harus rela merogoh kocek yang lebih dalam untuk secangkir kopi spesial yang saya percaya pergerakannya akan dimotori oleh kelas menengah serta banyak pihak lainnya yang semakin berkembang di Indonesia.
Menutup pembicaraan, Syafrudin menekankan bahwa kopi spesial Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mari kita tunggu kejutan kopi mana yang akan menjadi pemenang Lelang di Surabaya nanti.
cikopi.com
Dear,Import Dept,
BalasHapusDengan Hormat,
Perkenankan kami PT. INTI PRAKARSA LOGISTIK adalah perusahaan Jasa Import Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.
Bersama ini kami PT. INTI PRAKARSA LOGISTIK berminat untuk bermitra dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam bidang Jasa sebagai berikut :
1. Under name Import
2. Borongan Import
3. Custom Clearance
4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh dunia
5. By Air or Sea (Local and International)
6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous, Cargo atau Personal
7. Jasa EDI/PPJK
HS CODE JENIS BARANG
Bag VI (HS NO. 2801 s/d 3826) KIMIA
Bag VII (HS NO. 3901 s/d 4017) PLASTIK
Bag VIII (HS NO. 4101 s/d 4304) KULIT
Bag X (HS NO. 4701 s/d 4911) KERTAS
Bag XII (HS NO. 6401 s/d 6704)ALAS KAKI
Bag XIII (HS NO. 6801 s/d 7020) KACA
Bag XV (HS NO. 7201 s/d 8311) BESI BAJA
Bag XVI (HS NO. 8401 s/d 8548) MESIN
Bag XVII (HS NO. 8601 s/d 8908) KENDERAAN AIR
Bag XVIII(HS NO. 9001 s/d 9209) INSTRUMEN
Bag XX (HS NO. 9401 s/d 9619) BARANG HASIL PABRIK
Best regards,
ANDIKA
Sea & Air
Import
INTI Kargo / Jln. Dewi Sartika No. 148, Jakarta 13630 Indonesia
Email : andika.intikargo@gmail.com
T : 021 80878873
F : 622180878381
Hp : 082311424631,089616672822